Skip to main content

But You Provide

I'm rendered speechless by His AWESOMENESS.

aaaawwwweeeessssssoooomeeeeee God!

Gw ga tau mau  mulai dari mana, I might skip a story or two karena terlalu banyak yang pengen gw ceritain (salah sendiri ga mau spend time ngeblog dr kmrn). Anyway..

Peristiwa pertama adalah waktu gw lagi di rumah ciwiks. Santai2 di sofa sambil scrolling FB, gw liat foto si JM, Anes, dkk lagi ikutan Fuse retreat gitu. So sweet banget mereka light a lantern buat TLG SG, Scroll down lg. LAH?? Kok ada ini si Bocah satu. This is the person I've been praying about for many many many many many years, sampe anaknya menghilang, udah ga kontekan lagi.. lah dia muncul2 ikut FUSE! (for reference http://seraphinean.blogspot.sg/2015/12/curhat-4-best-christmas-pressie.html)
Bener2 gw SPEECHLESS men. Gila Tuhan ajaib! I mean AJAIB.
Dari seorang anak yg kalo gw ngomong 'Tuhan' dia cuman roll eyes, lah bisa ikut cell group....
Hati gw berlimpah dengan syukur, which bring me to the next incident.

A few days after kejadian di atas, adalah minggu pencurahan Roh Kudus.
Biasanya gw cuman ikut sehari nih wwkwkkw. Yg pas ga ada FA, gw pasti bakal dateng.
Udah. That's it.
Nah cuman kali ini, ada dorongan (Roh Kudus pastinya) yang membuat gw itu haus dan lapar untuk dateng lebih dari sehari. Padahal sebenernya secara fisik sih gw pngen tidur di rumah krn ga gitu enak badan. Tapi bodo lah. Rasa haus gw sama Tuhan lebih kenceng daripada rasa pengen guling2 di kasur. Bersyukur banget ada temen2 yg ikutan doa jg, meskipun ada yg beda2 hari tp intinya gw selalu ada companion.
Bener dah.. Cari Tuhan, ga akan pernah dikecewakan! Selalu ada something FRESH dan menguatkan yang Tuhan reveal di hadiratNya.

Yang gw keingetan aja ya.. Maklum udah rada lama kwkwwk.
Yg pertama itu pas hari Senin, gw lg worship2 udah enak bgt dah ya. Tau2 Tuhan taro di hati gw, 'I will give you countries.' Ya namanya lg di hadirat Tuhan ya, anything could happen gitu.. Langsung gw 'YES LORD YES LORD'.
Cuman abis doa, gw jd bertanya2.. Maksudnya itu gw bakal keliling2? Apa gw bakal disuruh doa syafaat doain dari peta2 di Menara Doa? Mulai dah pusing sendiri sama pikiran 'apakah begini, apakah begitu'. Tapi by the end of the day kan bagian gw adalah TAAT ya. Sisanya Tuhan yg bakal sediain pada waktunya Dia. Jadi gw ga pusingin lagi dah. Gw cuman, 'I will obey. God, show me Your ways.' Udah.

Terus jedar jedor hari terakhir. Gw kaya ngeblank dong hari terakhir.
Padahal udah heboh banget kebaktian malam terakhir itu (compare to previous days) tapi gw masih kaya blm dapetin apa2.
Tiba2 pas lagi nyanyiin lagu 'There is none like You.. No one else can touch my heart like You do..' dan tiba di bagian bridge 'Your mercy flows like a river wide. And healing comes from Your hands. Suffering children are safe in Your arms. There is none like You'.
Nah pas bagian suffering children itu.. Tuhan ingetin gw tentang dedek2 tiri gw..
OUT OF NOWHERE.
Selama ini, tiap gw keinget mereka, pasti selalu ada rasa sedih yg NYES banget di hati gw..
Like. I know that it's only by God's grace I am who I am today. Kalo bukan karena Tuhan, gw ga tau gw ada di mana. But seeing them faces.. Hearing how they are brought up.. The kind of bitterness that might take root in their hearts.. I am blessed to have such a strong, God-fearing mom that prays.
How about them?
And at that moment, God assures me..
Suffering children are safe in HIS arms. The same God that is faithful me, is faithful to them, too.
The same GRACE that brought me to my knees will keep them safe, too!
Bener2.. God hears every prayer loh. I mean, gw bahkan ga berdoa buat ini tiap hari.
So many things takes up my heart and mind, I only pray when I remember.
But JESUS, being the all-knowing, all-powerful GOD.. He knows every groaning of our souls..
He knows and He cares. And in His time, He answers.
Oh man..

Around the same time, seorang anak FA mulai dapet penglihatan2 yang ajaib.
Gw udah pernah blog belom si? Yauda in case belom..
Bulan sebelumnya pas kita lagi share2 di FA, dia bilang,
'Sorry.. Boleh intermezzo dikit? Tadi pas worship di awal, gw liat malaikat..'
Kita kaya... Speechless.
Kata dia, 'Ya biasanya gw liat setan cuy yg gelap2. Kali ini gw liat yg Sorgawi..'
Jadi katany pas lagi merem dia berasa ada yg gerak di depan dia.
Pas dia buka mata, ternyata itu banner, panji2 gitu.
Malaikatnya lagi berdiri di pojok ruang tamu deket rak sepatu rumah gw, lagi mengibarkan panji2..
Oh man..
Tuhan bener2 bertahta di tengah2 pujian kita. FOR REAL.

Terus ada beberapa penglihatan yg didapetin sama temen2 TLG juga..
He's about to do something great. The season of great harvest is near..
Bener2 gw dan temen2 CORE diingetin lagi untuk rapiin barisan dan makin militan buat Tuhan.
Kosongin diri dari hal2 yang ga berkenan smTuhan (hidup dalam dosa) sampe ke hal2 yg ga value added di mata Tuhan (kbykan nonton film bersambung tp bukan Korea, ini gw sih). Taat dan setia sama Tuhan. Intinya, kalo kita mau lari lebih kenceng, harus ada beban yg kita tanggalkan.
Kalo kita mau lari lebih kenceng buat Tuhan, dosa2 dan hal2 ga berguna ini harus kita lepasin.
Don't worry. His grace is more than enough. His grace enables you to let go and be free from all that.

Whoo. MASIH ADA LAGI.

Ini lebih ke personal revelation sih..

I think some of you might know how gw bergumul kalo ngomongin soal 'God's calling'.
Ga kerasa udah sekitar 5 taunan pelayanan di TLG ya..
Background story :  simplenya, gw mulai pelayanan di TLG Band main keyboard. Dan skitar 3 taun kemudian dipercayain buat lead FA.
Gw rada lupa kapan (bad with dates, really..) tapi peristiwa demi peristiwa, Tuhan reveal kalo pelayanan gw itu bukan as a musician. Tapi lebih ke leadership.
Kalo mau dijelasin gimana Tuhan reveal, mending kita sambil ngafe, soalnya this is a 5 years story men... Panjang kak.
Banyak banget condemnation serius.
From time to time, ada aja yg 'ujian-ujian' atas assurance Tuhan buat leadership calling ini.
Mulai dari condemnation pas gw ga mau pelayanan ke kebaktian umum..
Yg selalu gw gumulin adalah sentences2 below,
'Kalo punya talenta itu harus dikembangkan loh'
'Kok pelit kalo pelayanan pilih2 ga mau ke umum'
'Ya kan semua orang mau increase dong dari pelayanan homogenous ke umum'
'Loh kok kmu belum ke umum? Si Itu udah?'
Dan yg 'menguji' itu biasanya orang2 terdekat saya wkwkwkw.
Well, manusia menajamkan sesamanya, right?
Ada juga condemnation dari dalem yg gw yakin ditunggangin jg sm si Jahat,
'Iya kayanya kamu takut aja deh takut pdtnya overtone ke Es ya?'
'Kamu pelit aja sama waktu kamu. Pake alasan calling.'
'Apa sih susahnya ngelead FA? Emang ga boleh dikombinasi sama pelayanan ke umum?'

It takes time.. Beneran. Takes me a few years untuk let my feet (and heart) planted securely in His calling.

Sometimes gw compare myself sama orang lain yang bisa melayani di FA, di musik bisa, di mana2 bisa, dll. Every time I did so, He slaps me back to reality, 'You are fearfully and wonderfully made. Kamu ya kamu. Dia ya dia. Kamu melayani buat siapa, Kez? Buat Aku? Buat orang lain? Apa buat diri kamu sndiri? Would you obey Me?'
Dan saya terdiam. Haha.

Then minggu lalu ini gw 'diuji' lagi wkwkwk.
Intinya lagi ada scarcity of musician di umum minggu itu dan gw ditanyain..
Men.
Kali ini kayanya gw naek level deh. Gw ga dealing sama condemnation lagi.
Yang gw gumulin adalah 'GW PENGEN BANTUIN'.
Terus pertanyaannya, kenapa ga IYAin gitu Kez? Kan cuman sekali.
Hmm. Mungkin karena gw itu adalah tipe yg tipe 'sekali ikut, selamanya ikut'.
As in, gw bakal committed sama hal2 yang gw udah decide untuk commit..
Jadi sekali gw 'bantu', gw akan terus dan terus dan terus akan membantu.

And I guess God knows me best. Better than I know myself.
Makanya ada sesuatu yang hold me back pas gw mau IYAin..
Jadi gw bilang, 'I'll reply later today yaaa. Gw mau doain dulu biar ga asal jawab'.
Jadi gw berdoa.. God.. How?
Malemnya gw latihan musik.. Dan gila capek banget rasanya badan gw rontok men.
Terus ngobrol2 aja sambil jalan pulang gw tanya, 'Tuhan, kok capek yakk..'
Eh Dia cuman blg gini, 'Ke mana kamu Aku panggil, Aku provide'.
'..Maksudnya? Jadi gw harus bilang ga gitu?'
Intinya malem itu Tuhan reveal, whatever my answer is, whether I help or I don't, as long as the decision was made to please Him, He is okay with it.
Mungkin gw udah bukan bayi lagi ya.. Naek level, balita. Wkwkwk.
Intinya, kalo gw bantuin, as long as gw bantu karena gw pengen menyenangkan Tuhan dan bukan karena ga enak dimintain tolong or karena gw pngen diliat 'tidak pelit dan rajin menolong', He is pleased.
Kalo gw ga bantuin, as long as gw ga bantu karena gw mengkhususkan diri gw buat ikutan panggilan Tuhan, He is pleased as well!
Bagaikan puzzle yaaakkk Om!
Intinya..
Akhirnya gw reply, 'Sorry.. But no.'
Dan.. Hati gw bebas dari segala macem condemnation whatsoever.

Terus besokannya, ada yg text mau ngobrol over dinner.
Dan anaknya juga bukan anak TLG. Gw bahkan cuman pernah hi-bye sm dia..
As in ga gitu kenal.
Anyway malem itu kita ngobrol dan she shares her problems.
Dia nanya, 'Gimana cara denger suara Tuhan ci? Gimana tau apa yg Tuhan mau?'
I replied a few sentences, and what she told me after that really hit me.. HARD.
'Tapi aku itu ga ada leader ci. Aku ga under any cell group. Ga ada bimbingan ci. I mean, aku baru gitu kenal Tuhan..'
I can imagine how confusing it must be..
It's not about the problem, really. Masalah2 kita adalah masalah biasa. I mean, ga ada yang baru di kolong langit ini, termasuk masalah. Sedrama2nya hidup kita, masih banyak yg lebih drama.
Masalahnya adalah ketika you don't know the TRUTH about the ONE TRUE HOPE, itu yang membuat masalah sekecil apa pun bisa jadi unbearable and drains us out.
Sambil rushing ke OHGS abis dinner itu, He reminds me HOW BLESSED my kids and I to be under such awesome leadership.. To have such a big family in Christ that will be your safeguard when you feel like giving up on your relationship with Christ. To have such friends that will only give you advice based on the Truth, which is HIS WORDS. Aren't we blessed?

Gw percaya ga ada yg kebetulan buat Tuhan.
That night, after that dinner, I was assured once again, that this, THIS, is what He calls me to do.
To lead and nurture.
Ada beban yang begitu besar di hati gw buat jiwa2 yang belum tertanam untuk bertumbuh..

'Emang lu ga mau bikin impact yang besar? I mean. Kalo main musik kan lu bisa melayani the whole congregation. Sementara kalo di FA, lu cuman melayani itu2 aja? Ya sukur2 kalo Tuhan bawa lu lebih jauh lagi. Gimana kalo selamanya lu cuman di FA? Emang ga mau bkin impact yang lebih besar?'

Ini gw ga tau dah suara dari mana. Cuman sekali lagi ya.. Gw melayani Tuhan, bukan manusia.
Jadi siapa sih gw buat mengukur 'impact yang besar' artinya adalah 'jumlah manusia yg banyak.'
Sejauh langit dari bumi, segitu bedanya rancangan Tuhan sama rancangan manusia.
Tuhan design each persons differently for His reasons. Ya kalo Tuhan design gw untuk melayani 20 jiwa, then I will serve this 20 persons with all of my being. I believe obedience is worth more than gold in His eyes. If God wants me to be here forever, then here is where I will stay and serve.

Jumat itu gw ga FA karena leaders pada FA Core.
Hati gw bersyukur dan sangat senang sekali mendengar FA Jumat itu SESUATU banget.
Intinya anak2 pada share tentang condemnation mereka masing2, apa yg jadi pergumulan mereka yg selalu dibuat jadi condemnation sm iblis. Air mata pun bercucuran di sana. Wow!
Terus kata Ms Ijah, 'Tuhan lagi reveal potensi anak2 ini satu per satu'.
Dan gw cuman bisa stand in awe.. Tuhan baik! Tuhan baik!!

Sabtu malem, gw nonton XMen sama si Fani. Berani midnite karena tinggal jalan kaki dr rumah wkwkwkwk. (GV TBP sekarang keren loh btw! Side tracked sorry).
Intinya sambil ngatur posisi duduk enak, si Fani ngomong, 'God is at work di The Royals.'
Gw kalem aja ngomong, ' Iya, kemarin si Ijah jg ngomong.'
Si Fani bengong, 'Lah.. Lu emang ga ngerasa?'
Gw jadi berpikir2 mengingat2 sejenak.
Memang sih 2016 ini udah banyak bgt sesi2 amazing ketika hati2 dijamah dan air2 mata tercurah. Darkest pasts were shared dan gw bisa liat cahaya kasih Tuhan shine through the crack of the wall we built around our hearts. Yang dulu bagai katak dalam tempurung mulai keluar dari cangkangnya.
Bagaikan bunga, semua bermekaran. #tsah #mamapuitis
'Iya sih, gw liat anak2 bertumbuh.. Yak tapi kl gw ngomong kan ntar dibilang mami2 yang bias liat anak2nya. Kata2 kalian tuh assurance buat gw.' So I said.

Terus gw nonton XMen deh. Mayan lah. Yaelah sidetracked lg..

Beberapa hari setelah XMen, yaitu hari ini, menara doa TLG seperti biasa.
Kelar doa, ci Beck nyamperin saya terus dia cerita tentang mimpi dia.. Nih gw copas verbatim dari WAnya..
jd kmrn mlm itu aku mimpi dan d dlm mimpi aku itu keke cerita ke aku klo Tuhan kasih dy mimpi dimana keke itu lg megang banyak banget bibit2 d tangan dy. and in my dreams i saw vividly that kekez bilang klo bibit2 itu dr Tuhan. awalnya td pagi aku pikir ini beneran mimpi ato apa. maseh setengah2. trus td pas doa kyk di ingetin lagi sm mimpi nya and there is a strong conviction that i need to share it to kekez. ya part aku itu cmn share ke kekez i believe that God will revealed more to her.

Pas pertama denger, reaksi gw kaya 'Wow. Aku dimimpiin..' #baper
Memang saya suka agak slow soal begini2.. Untunglah Tuhan Yesus sangat sabar!

Turun bus jalan kaki ke rumah, baru JEDOG itu revelation.
JEDOG!
Gw meler2 sambil jalan kaki.. Untung dah sepi.

'If you still have any doubt, here's another assurance I've given you through OTHER PEOPLE. So you'd know that nothing you have done for Me is ever too small for I treasure each and every little thing you do out of love for Me. Every prayer, every tears, I've counted them all.'

Intinya adalah Tuhan assured gw kalo indeed, waktu gw taat dan setia sama panggilan Tuhan, Tuhan terlebih lagi setia sm gw..
I believe bibit itu adalah anak2 yang Tuhan percayain buat gw lead, dearest bebek2 The Royals.
I believe that each one of you have a destiny, a purpose, a calling that is greater than what your eyes can see, your ears can hear, your minds can fathom.
Each one of you are designed specifically to bring joy to the joyless, hope to the hopeless, being the salt and light wherever you are placed by God.
To be able to see a glimpse of His glorious plan in your lives, WOW, I am, indeed, blessed.





I may not have much left.. But you provide.
With every waking breath, I'll lift you high.
You hear my every prayer, You are by my side.
God I know you. God I trust You.

Comments

Popular posts from this blog

When God Made a Promise

“I know this is too fast. And please don’t ask me why, because I don’t have the answer. I don’t know why.” “I won’t ask you why. Because I know.. It’s God.”   Wkwkwkwkwwkwkwkwkww duh supershy padahal biasanya ga tau malu. I’m still getting used to this. But those who viewed our IG feed and saw the pic posted in FB would know what this is all about. The Promise of God. It’s been there, mentioned the wholeee time in my earlier posts, yet unnamed. I’ll try to recall the whole story. Some details would be lost in translation because there are wayyyy TOO MANY. Haha. Fyi. I’VE BEEN WAITING SOOO LOOOONG TO SHOUT THIS OUT LOUD. So, here goes. Last Sunday, R asked me out to dinner. A few days before, he’s mentioned this fancy place and I calmly (I think) said, “Yes, yes why not” while inside I was [insert screaming emoji here] knowing that this is not a normal dining experience. OMG. I was so glad it’s through a text message, otherwise he would see me SCREAM

The Boy Who Showed Me My WHY

So last week, the entire school left Redding for ministry trip around the States. I went to Phoenix for 8 days and came home to school with tons of testimonies of healing, people set free, delivered, and experiencing the love of the Father in the most tangible way. But here’s my personal take on the trip to Phoenix, AZ. I met a boy and this divine appointment marked my life forever. I told God (and my team mates), if the reason of my entire trip, all the whirlwind of fund raising and preparations, was just for this one moment with this boy, I would do it all over again.  So on an evening, I was told that I would go to minister to kids in a home church the next day. (On prerequisite of being in the trip with Bethel people is a heart that is always ready with a smiley YES to whatever comes next. HAHAH. So many last minute change, you could be blindsided by the suddenness of if. Or you can take it as an invitation to lean on the Holy Spirit leading. It’s nerve-wrecking for a bit, but once

I Belong to The Youth

SO! I don't know where to start. But I certainly could say that THIS is not the end. God is not done yet. In fact, earlier today I was discussing things with Ijah and we both agreed on something : we are on an accelerated roller coaster ride. Faster than ever! Higher than we ever been before! There are milestones in life. Like moments when you graduated uni, or when your PR is approved. When you moved overseas or going back for good. Moments that marked a change in the season of life. But there are other kinds of moments : intangible, but leaving marks so deep your brain might let go but your soul never will. And last week was THAT kind of moments. A series of events that, combined together, was just.. Well. I couldn't find A WORD to describe it best. But I would try my best to re-tell the story. Here goes. (Beware. It's gonna be long) I was considering a one day leave, a half-day plus another half-day, or simply a 2 days leave to attend Empowered21. If you'